TISAM

Titip salam kamu yang ingin kamu sampaikan. Klik, di sini.

Artikel

Tambah wawasan kamu dengan membaca artikel menarik. Klik, di sini.

News

Berita seputar sekolah, kegiatan, organisasi, dll. Klik, di sini. not yet
 

Kiat Esemka is The Car Made In Indonesia

Jumat, 06 Januari 2012

Kendaraan roda empat terbaru diluncurkan dengan nama Kiat Esemka (read: SMK) di Indonesia. Mobil ini diberi nama Kiat Esemka karena sang perakit adalah seorang pemilik bengkel bersama para pelajar SMK di Solo. Terciptanya mobil ini berawal dari pemilik dan pendiri Kiat Motor yaitu Sukiyat.

Dimulai pada tahun 2007, Sukiyat dengan siswa SMK memodifikasi sebuah mobil Toyota Crown menjadi mirip seperti Toyota Land Cruiser. Setidaknya karena itu, dari tahun 2008 sampai sekarang sudah ada lebih dari 20 SMK yang mempercayakan beliau untuk menitipkan siswanya untuk bekerja di tempatnya.

Pembuatan mobil Esemka ini sendiri dimulai pada bulan September 2011 yang lalu antara Sukiyat dengan siswa SMK 2 dan SMK Warga Surakarta yang selesai pada bulan Desember 2011 dengan menggunakan, 80 persen komponen lokal yang didatangkan dari Jakarta yang merupakan buatan SMK 1 Jakarta dan 20 persen komponen impor. Mobil ini berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang memiliki kapasitas sebesar 1.500cc (sudah injeksi) sehingga mobil ini menambah list kendaraan bermotor yang irit bahan bakar. Selesainya perakitan 2 mobil Esemka, langsung digunakan oleh Walikota dan Wakil Walikota Surakarta.

Lalu sampai pada tanggal 3 Januari 2012, Direktur Pendidikan Kejuruan, Joko Sutrisno, tertarik dengan mengajak Sukiyat bekerja sama dengan siswa SMK untuk merakit sebuah mobil. Ia menerimanya dan bengkelnya dengan luas 6.500 persegi itu pun tidak pernah sepi dan tak berhenti bekerja dengan perakitan mobil oleh siswa-siswa SMK. Hal ini terbukti dengan meledaknya pesanan atas mobil ini dari berbagai kalangan dari para politisi, menteri dan pengusaha. Terhitung mulai Ketua DPR RI Marzuki Alie, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Anggota DPR Roy Suryo, Guruh Soekarnoputra, Puan Maharani, Tjahjo Kumolo dan Aria Bima dikabarkann ikut memesan. Tidak ketinggalan bahkan sampai selebritas Indonesia seperti pelawak Ginanjar dan sutradara Garin Nugroho dan Afgansyah Reza ikut antri memesan mobil yang masih butuh standarisasi ini.


Namun bagaimanapun ini adalah produk asli Indonesia, kita harus menghargainya walau standarisasi masih belum didapatkan untuk satu karya bangsa satu ini.


FOTO


Siswa SMK yang sedang merakit
Dua mobil hasil rakitan siswa SMK N 2 Surakarta
Interior Kiat Esemka
Walikota bersama dengan Kiat Esemka


-admin-

0 komentar:

Posting Komentar